MRB Finance

Pentingnya Patuh Perpajakan Untuk Perkembangan

Sebagai negara yang menganut sistem self-assessment, tax compliance adalah salah satu faktor terpenting dalam penerimaan serta pelaksanaan kewajiban perpajakan. Pasalnya, dalam sistem tersebut, Wajib Pajak diberi kepercayaan untuk menghitung, menyetor, dan melaporkan sendiri kewajiban perpajakannya.

Meski telah memberikan kepercayaan kepada Wajib Pajak, pemerintah juga tetap menjalankan pengawasan serta berupaya dalam meningkatkan kepatuhan pajak. Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kepatuhan pajak dan pentingnya bagi sebuah bisnis?

MENGAPA KEPATUHAN PAJAK PENTING BAGI BISNIS?

  1. Tax compliance adalah sebuah tindakan yang mencerminkan kepatuhan dan kesadaran terhadap ketertiban dalam kewajiban perpajakan. Tindakan ini ditandai dengan melakukan pembayaran dan pelaporan atas perpajakan masa dan tahunan dari Wajib Pajak yang bersangkutan, baik WP Pribadi maupun WP Badan.

  2. Jika setiap Wajib Pajak tidak melakukan kewajiban perpajakannya atau tidak patuh untuk menaati setiap peraturan perpajakan yang ada, maka pasti akan memunculkan keinginan Wajib Pajak untuk melakukan tindakan, seperti penggelapan atau penghindaran pajak. Hal inilah yang akan menyebabkan berkurangnya penerimaan pajak hingga dapat memperburuk kondisi perekonomian negara.

  3. Tax compliance juga penting dilakukan agar bisnis terhindar dari konsekuensi ketidakpatuhan pajak, seperti terkena sanksi dan denda. Besarnya jumlah sanksi dan denda yang harus dibayar ini bisa merugikan keuangan bisnis.

  4. Selain itu, ketidakpatuhan pajak juga dapat merusak reputasi perusahaan. Sebab, otoritas pajak maupun mitra bisnis akan memandang perusahaan kamu sebagai badan yang tidak berintegritas karena tidak patuh terhadap kewajiban negara.

TANTANGAN DALAM MENJALANKAN KEPATUHAN PAJAK

  1. Adanya kepatuhan Wajib Pajak untuk mendaftarkan dirinya sebagai WP

  2. Adanya kepatuhan Wajib Pajak dalam melakukan penyetoran kembali SPT secara tepat waktu,

  3. Adanya kepatuhan Wajib Pajak dalam menghitung dan melakukan pembayaran pajak terutangnya atas penghasilan yang diterima

  4. Adanya kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar tunggakan pajak (STP/SKP) sebelum adanya jatuh tempo

Namun keempat indikator tersebut nyatanya masih sulit dipenuhi oleh Wajib Pajak Pribadi dan Wajib Pajak Badan. Karena, sebagian dari Wajib Pajak masih menganggap bahwa pembayaran dan pelaporan pajak merupakan proses yang rumit. Sebab, ada banyak dokumen yang harus dipenuhi dan tahapan yang harus dilakukan. Atas anggapan demikian, mereka pun menjadi kesulitan dalam menjalankan kewajiban perpajakannya atau bahkan melalaikan kewajiban tersebut.

Selain itu, banyak dari mereka yang masih kurang sadar mengenai pentingnya pembayaran dan pelaporan pajak serta dampaknya terhadap negara. Kurangnya kesadaran terhadap pentingnya kepatuhan pajak merupakan dampak adanya paradigma yang dianut oleh sebagian besar masyarakat bahwa membayar pajak adalah tindakan yang merugikan. Karena, hal tersebut hanya akan memperkaya petugas pajak. Tindakan seperti ini merupakan bentuk perlawanan pajak yang dilakukan untuk meloloskan diri dari kewajiban perpajakan.

TIPS MENGELOLA KEPATUHAN PAJAK PERUSAHAAN

Untuk mengelola kepatuhan pajak perusahaan dengan mudah, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut.

  1. Mengatur catatan keuangan dengan baik: catatan keuangan yang rapi dan terorganisir akan memudahkan dalam melacak transaksi keuangan dan mempersiapkan laporan pajak dengan akurat.

  2. Mengatur jadwal pembayaran pajak: tandailah tanggal jatuh tempo pajak agar pembayaran dapat dilakukan tepat waktu.

  3. Memahami jenis-jenis pajak yang harus dibayarkan: dengan memahami jenis-jenis pajak, perusahaan dapat mempersiapkan dana yang cukup untuk pembayaran pajak tersebut.

  4. Mengikuti update terbaru peraturan pajak: dengan memantau berita perubahan peraturan pajak, kamu dapat memahami dan mematuhi aturan-aturan terbaru yang berlaku dengan mudah.

  5. Mencari bantuan dan informasi dari sumber terpercaya: carilah sumber terpercaya atau gunakan jasa konsultan pajak agar kamu bisa memperoleh penjelasan dan panduan yang lebih jelas tentang kewajiban perpajakan.

KESIMPULAN

Pada intinya, menjalankan kepatuhan pajak dari menghitung, menyetor hingga melapor merupakan langkah penting yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Agar dapat mengurangi risiko, menghindari sanksi, dan membangun reputasi perusahaan yang baik.

Mengetahui cara pengelolaan pajak merupakan hal yang penting bagi kontinuitas perusahaan. Namun, jika kamu masih mengalami kesulitan dalam mengelola pajak perusahaan, kamu dapat mempercayakannya pada ahli pajak MRB melalui jasa perhitungan dan pelaporan pajak.

Recent Post