MRB Finance

Omset Naik, Biaya Juga Naik? Tips Hemat Biaya Untuk Usaha Manufaktur

Omset naik tapi profit gak naik karena biaya juga terus naik??

Menghemat biaya operasional merupakan salah satu keinginan terbesar dari setiap perusahaan, terutama perusahaan manufaktur yang memakan banyak biaya dalam proses produksinya. Kamu pasti ingin agar bisa mengurangi biaya pengeluaran tanpa harus mengurangi kuantitas dan kualitas produk.

Kita tetap bisa kok memangkas biaya atau reduce cost dengan melakukan strategi yang tepat. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan cara menganalisa data beberapa tahun terakhir untuk melihat bagian mana saja yang bisa dipangkas.

BERIKUT BEBERAPA CARA MEMANGKAS BIAYA UNTUK PERUSAHAAN MANUFAKTUR:

1. TERAPKAN SOP YANG TEPAT DAN OPTIMALKAN KINERJA KARYAWAN

Terapkan SOP atau Standar Operasional Prosedur pada semua devisi di perusahaan manufaktur untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja karyawan.

SOP adalah sangat penting untuk semua jenis BISNIS khususnya bisnis manufaktur.

Contoh optimalkan kinerja karyawan :

  • Karyawan masuk hari Senin s/d Jumat pukul 9.00 s.d 18.00, istirahat pukul 12.00-13.00, saat jam lelah, ngantuk atau jam rawan yang menyebabkan karyawan tidak produktif berikan coffee break pukul 16.00-16.30 sehingga tidak ada alasan karyawan malas-malasan di jam kerja.

  • Pastikan merekrut karyawan yang setuju dengan SOP perusahaan, sehingga dapat menghasilkan karyawan yang loyal dan tim yang solid karena tidak sering berganti-ganti karyawan, selain itu juga tidak banyak membuang waktu untuk pelatihan karyawan baru.

  • Mengoptimalkan kinerja karyawan juga bisa dengan memberikan pelatihan karyawan secara berkala sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas kerja mereka agar lebih produktif.

Memiliki karyawan yang berkualitas dapat meminimilasir perekrutan karyawan baru, sehingga dapat menghemat biaya tenaga kerja

2. SURVEY HARGA BAHAN BAKU DAN NEGOSIASI DENGAN SUPPLIER AGAR LEBIH MURAH

Carilah supplier bahan baku yang lebih murah. Buatlah daftar supplier penyedia bahan baku yang paling murah dengan kualitas yang sama dan hubungilah  kontak dalam daftar untuk melakukan kerja sama. Lakukan juga negosiasi harga yang sesuai dengan supplier.

Perusahaan manufaktur juga bisa bertanya kepada karyawan apakah punya referensi penyedia bahan baku yang murah dan berkualitas. Hal ini tentu akan menghemat banyak waktu dan biaya.

3. KONTROL PERSEDIAAN BAHAN BAKU

Selalu cek persediaan bahan baku yang ada di gudang, semakin banyak dan semakin lama menyimpan stok dapat memakan biaya, biaya perawatan, biaya penyimpanan/sewa gudang. Apalagi jika bahan baku merupakan produk yang ada masa kadaluarsanya, jika kita tidak cek, bahan baku tersebut akan terbuang.

4. MANFAATKAN TEKNOLOGI YANG ADA

Untuk dapat menghemat biaya, dapat dengan memanfaatkan teknologi yang ada, software yang dapat dimanfaatkan sehingga dapat mengurangi biaya SDM.

Contoh dengan menggunakan software accounting yang tepat yang dapat memudahkan pembuatan laporan keuangan sehingga tidak perlu merekrut banyak karyawan untuk devisi accounting

5. GUNAKAN JASA OUTSOURCE ATAU PIHAK KE-3

Banyak jenis outsource yang dapat membantu apa yang dibutuhkan suatu perusahaan termasuk usaha manufaktur. Banyak yang berfikir jasa outsource itu mahal, namun faktanya adalah sebaliknya jika kita bisa memilih jasa outsource yang tepat.

Salah satunya jasa outsource untuk perencanaan laporan keuangan dan perpajakan perusahaan.

Dengan menggunakan jasa outsource ini, dapat membantu perusahaan memangkas biaya dengan perencanaan akunting dan pajak yang tepat dan legal.

Benefit yang di dapat dengan menggunakan jasa outsource accounting & pajak:

  • Mendapat laporan keuangan yang clear, biaya transparan. Jadi bisa tahu mana biaya yang overspending, jadi bisa mengurangi cost yang tidak perlu atau mengalokasikannya ke cost lain agar lebih optimal.

  • Dapat memberikan strategy perpajakan & mengurangi bebas pajak yang legal & sesuai dengan peraturan pemerintah.

Itu dia strategi untuk menghemat cost perusahaan manufaktur. Untuk dapat dapat menghemat biaya dari segi akunting dan pajak manufaktur kamu, bisa diskusikan dengan MRB untuk mendapatkan konsultasi yang tepat.

MRB Finance

Recent Post