MRB Finance

Baca Dulu Sebelum Mengajukan Modal Usaha Dengan Pinjaman Online

Untuk memulai usaha, selain tekad yang kuat, modal yang cukup juga sangat diperlukan. Namun modal memang selalu menjadi salah satu kendala untuk memulai usaha. Tidak hanya bisnis besar yang sering menemui kendala berupa modal namun juga bisnis kecil. Jika menggunakan dana sendiri belum tentu cukup untuk mengcover semua biaya selama merintis bisnis. Biasanya para business owner mengajukan pinjaman modal berupa pinjaman online atau juga KTA dari Bank.

Pinjaman online belakangan ini menjadi solusi cepat dan mudah bagi pelaku usaha skala kecil dan menengah untuk memperoleh modal. Apa saja untung-rugi mendapatkan modal usaha dari pinjaman online??

POSITIF – NEGATIF PINJAMAN ONLINE

Perkembangan teknologi saat ini membuat perusahaan-perusahaan peer to peer (P2P) lending di Indonesia berkembang pesat.

Cukup dengan memanfaatkan ponsel di tangan, pinjaman uang tunai dari P2P lending bisa didapatkan. Pinjaman online atau populer disingkat pinjol, telah menjadi alternatif bantuan keuangan dalam kondisi mendesak.

POSITIVE PINJAMAN ONLINE

  • Cepat, cair kurang dari 1 hari

Kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh perusahaan pinjaman online memanjakan calon debitur, karena tak butuh waktu berhari-hari menunggu dana pinjaman cair asalkan syarat sudah terpenuhi.

Pinjaman bisa cair dalam waktu kurang dari satu hari, dan uang pinjaman yang diberikan akan langsung ditransfer ke rekening pribadi.

  • Syarat mudah tanpa survey

Tidak seperti pinjaman konvensional ke bank, layanan pinjaman online bisa didapatkan dengan syarat yang mudah.

Biasanya cukup dengan KTP dan dengan dokumen pendukung lain, serta mengisi formulir pengajuan pinjaman secara online.

Tanpa survei secara ke rumah calon debitur, karena survei untuk menilai kelayakan kredit hanya dilakukan melalui kuesioner yang juga diisi secara online.

  • Tanpa agunan dan jaminan

Pinjaman online umumnya tak memerlukan agunan atau jaminan. Kamu bisa mengajukan pinjaman secara online lewat aplikasi tanpa jaminan apapun.

NEGATIVE PINJAMAN ONLINE

  • Data Pribadi Terexpose

Dalam mengajukan pinjaman online, sebagai bagian dari prosedur pinjaman online, calon peminjam wajib mengunduh aplikasi pinjaman online. Nasabah mengunduh aplikasi di ponsel dan dari situ mengajukan pinjaman.

Hal ini membuat masyarakat merasa diberi kemudahan dalam meminjam, namun sangatlah beresiko tinggi ekspose data-data pribadi di ponsel yang diminta aksesnya oleh perusahaan pinjaman online saat nasabah mengajukan pinjaman.

  • Pinjaman Kecil up to 10jt

Nominal pinjaman online biasanya terbatas, kurang dari Rp10 juta. Jika kamu membutuhkan modal usaha yang lebih besar, tidak cocok untuk mengajukan pinjaman online.

  • Tenor singkat dan cicilan besar

Karena cash yang cair nominalnya kecil, maka tenor pinjaman yang disediakan kreditur sangatlah singkat. Tenor terlama yang bisa kamu dapatkan jika meminjam dari layanan pinjaman online biasanya 12 bulan.

Cicilan yang harus kamu bayar setiap bulan juga terbilang besar karena tenor yang singkat.

  • Bunga tinggi

Jika dibandingkan dengan bunga pinjaman dari bank, bunga yang dikenakan oleh penyedia pinjaman online relatif lebih besar.

Bunga biasanya dihitung secara harian dan pembayaran bunga sejumlah masa hari pinjaman. Bunga maksimum adalah sebesar 0,8 persen per hari atau 24 persen sebulan (asumsi 30 hari).

  • Biaya lain-lain

Biasanya ada biaya lain-lain, di luar kewajiban bunga yang bikin total biaya pinjaman online menjadi cukup mahal.

Pinjaman online biasanya memotong biaya di awal saat pencairan dana. Alhasil, dana yang diterima tidak sebesar pinjaman yang diajukan.

  • Pinjaman Online belum tentu terdaftar OJK

Sampai saat ini masih banyak Layanan Pinjaman Online yang illegal dan tidak terdaftar di OJK. Pinjaman online yang tidak diawasi OJK itu sangat berbahaya. Banyak masyarakat yang terjerat utang dari pinjaman online yang tidak terdaftar OJK.

Oleh karena itu, memilih untuk mencari modal usaha dari pinjaman online maka mau tidak mau kamu harus repot di awal mencari tahu apakah perusahaan P2P lending yang akan kamu gunakan sudah memiliki izin resmi atau belum dari OJK.


Pengajuan kredit yang selama ini identik dengan lama dan rumit, sekarang menjadi cepat dan mudah dengan pinjaman online. Dengan adanya artikel ini semoga kamu lebih mengerti resiko sebelum mengajukan pinjaman online. Dengan mengerti dan memahami resiko ini diharapkan kamu tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

MRB Finance

Recent Post