MRB Finance

4 Tips Sukses Tingkatkan Penjualan Bisnis Di Akhir Tahun

Akhir tahun adalah momen yang tepat untuk promosi, konsumen juga menganggapnya sebagai saat yang tepat untuk berbelanja.

Lumayan, keuntungan dari penjualan akhir tahun bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis di tahun 2022.

Yang masih belum dapat ide meningkatkan penjualan di akhir tahun ini, yuk, simak beberapa strategi di ulasan berikut ini. Siapa tahu, beberapa di antaranya cocok untuk diterapkan untuk bisnis kamu.

AKHIR TAHUN, SAATNYA LAKUKAN YEAR END SALE!!!

Jangan hanya sekadar memotong harga untuk mendapatkan pembeli sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan profit.

Coba lakukan beberapa strategi obral pintar berikut :

•                    BUNDLING

Bundling adalah strategi menjual lebih dari satu barang dengan harga lebih murah dari harga satuan. Ini bisa sangat efektif meningkatkan volume penjualan kamu.

Salah satu tips memaksimalkannya adalah dengan menggabungkan produk terlaris (best-seller) dengan produk dengan margin tertinggi atau produk yang kurang laku atau yang stock nya masih banyak.

•                    CLEARANCE SALE ATAU CUCI GUDANG

Akhir tahun tentu saat yang tepat untuk menggantikan stok lama dengan produk-produk baru yang lebih relevan. Konsumen juga mengetahui dan menunggu hal ini. Jadi, coba deh periksa gudang kamu. Jika kamu merasa ada produk yang perlu cepat dikeluarkan dari gudang, kumpulkan produk-produk tersebut di satu tempat agar konsumen mengetahui penawaran spesial tersebut.

•                    HADIAH/ GIVE AWAY

Hadiah bisa dilihat sebagai tanda kepedulian dan apresiasi terhadap konsumen. Tidak perlu mahal, kamu bisa berikan hadiah yang relevan dengan produk.

Misalnya, jika Anda menjual aksesoris, kamu bisa memberikan gantungan kunci yang seragam dengan produk. Atau untuk bisnis makanan, berikan hadiah minuman atau makanan pendamping.

Saat menjalankan strategi di atas, sebaiknya kamu menegaskan dan mengingatkan bahwa promosi yang kamu lakukan ini hanya untuk menyambut akhir tahun dan terbatas (limited-time offer).

•                    MENGADAKAN FLASH SALE

Toko fisik maupun online, flash sale masih menjadi metode yang bisa diandalkan untuk meningkatkan penjualan dengan cepat.

Konsumen secara tidak sadar memiliki urgensi untuk segera membeli produk yang sedang ditawarkan di flash sale.

Beberapa tips yang bisa kamu terapkan

–          tawarkan produk terbaik. Bisa saja, setelah impulsif membeli produk kamu, konsumen kembali membeli produk lainnya karena puas dengan produk yang dibeli pertama kali.

–          promosikan flash sale ini beberapa hari sebelumnya untuk membangun minat konsumen.

–          pilih hari yang tepat untuk mengadakan  flash sale. Di toko fisik, cari tahu tanggal atau hari di mana konsumen banyak berkunjung ke toko. Sedangkan toko online, Harbolnas mungkin bisa menjadi hari baik bagi kamu untuk mengadakan flash sale.

KELUARKAN PRODUK KHUSUS NATAL & TAHUN BARU

Natal & Tahun baru saatnya membuat resolusi. Jadilah lebih kreatif dalam mengeluarkan produk-produk khusus yang mungkin lebih diminati konsumen saat menyambut tahun yang baru. Coba lihat beberapa resolusi umum beserta ide produk di bawah ini:

•                    SEMAKIN SEHAT

Sebagai salah satu resolusi terumum, ada baiknya kamu mendukung ini. Jika kamu berbisnis pakaian, mungkin Anda bisa menyediakan lini produk khusus pakaian dan aksesoris olahraga.

•                    MELINDUNGI BUMI

Produk yang tepat untuk melangsungkan resolusi ini misalnya tumbler, sedotan dari stainless steel atau bambu, dan tas belanja untuk mengurangi penggunaan plastik.

•                    DEKORASI & HAMPERS NATAL

Banyak orang yang berbagi kasih dengan mengantarkan hampers atau parsel ke orang-orang terkasih. Ada orang yang menyiapkannya sendiri, namun banyak juga yang memilih membelinya karena lebih praktis dan murah.

Bisnis menjelang Natal kamu bisa berjualan paket parsel dengan berbagai pilihan produk, seperti:

–          Makanan, coklat, kue atau sembako

–          Parsel pakaian.

–          Hampers berisi wine dan cookies.

–          Dll

ADAKAN ACARA SPESIAL AKHIR TAHUN

acara atau event spesial natal & tahun baru mungkin bisa meningkatkan penjualan dan juga daya tarik toko. Salah satunya adalah dengan mengadakan undian yang bisa diikuti atas pembelian dengan minimum belanja tertentu. Trik ini sudah lama digunakan dan masih sangat bisa kamu terapkan saat ini.

MENGGUNAKAN JASA OUTSOURCE UNTUK MENGONTROL KEUANGAN PERUSAHAAN

Akhir tahun banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari laporan keuangan tahunan, budgeting, SPT Tahunan Perusahaan hingga perencanaan pajak kedepan. Hal tersebut dapat memakan banyak waktu kamu yang seharusnya dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan revenue di akhir tahun.

Untuk itu diperlukan pihak ketiga yang mampu menghandle segala urusan administrative sehingga kamu dapat focus menjalankan plan perusahaan untuk mencapai target penjualan.

Konsultasikan dengan MRB untuk membantu mencapai target bisnis kamu..

Recent Post