MRB Finance

4 Tahap Mudah Mudah Menghitung Cogs Atau Hpp Manufaktur

Cost of Goods Sold atau bisa disingkat juga sebagai COGS adalah semua biaya yang dikeluarkan dalam menghasilkan/memproduksi suatu produk hingga produk tersebut siap dijual.

Menghitung COGS sangat diperlukan, khususnya dalam bisnis industri manufaktur.

PENGERTIAN COGS

COGS adalah peghitungan “biaya langsung” yang timbul dalam produksi barang atau jasa apa pun.

COGS terdiri dari semua biaya yang terkait dengan produksi barang atau penyediaan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Untuk barang, biaya ini mungkin termasuk biaya variabel yang terlibat dalam produk manufaktur, seperti bahan mentah dan tenaga kerja, termasuk biaya tetap, seperti overhead pabrik, biaya penyimpanan, dan tergantung pada kebijakan akuntansi yang relevan dan terkadang ada biaya penyusutan.

TUJUAN COGS

  • menghitung harga pokok barang dagangan yang dijual dalam periode tersebut.

  • membantu manajemen dan investor memantau kinerja bisnis.

KOMPONEN COGS

1.      PERSEDIAAN

a.       Persediaan Awal : persediaan barang yang tersedia pada neraca perdagangan awal periode tertentu atau satu tahun pembukuan berjalan

b.       Persediaan Akhir : persediaan barang pada akhir periode berjalan atau tahun fiskal.

2.      BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG

komponen biaya untuk menghitung COGS. Hal ini karena biaya tenaga kerja langsung terlibat dalam proses produksi produk maupun jasa.

3.      PEMBELIAN BERSIH

Seluruh pembelian yang dilakukan oleh perusahaan baik pembelian barang oleh perusahaan, baik kredit tunai, ditambah biaya transportasi pembelian kemudian dihitung dengan diskon pembelian atau pengembalian kembali.

4.       BIAYA BAHAN BAKU

Biaya bahan baku adalah harga bahan pokok untuk membuat produk.

Bahan yang digunakan untuk produksi barang diperoleh melalui pembelian lokal, impor atau kebutuhan mereka sendiri.

5.      BIAYA OVERHEAD

Biaya overhead adalah semua biaya lain yang terjadi dalam pembuatan suatu produk.

3 Jenis biaya overhead :

a.       biaya overhead tetap,

  • Biaya sewa

  • Gaji tenaga kerja tidak langsung

  • Asuransi kesehatan karyawan

b.      biaya overhead variabel,

  • Biaya lembur

  • Anggaran alat tulis kantor

  • Biaya pemasangan iklan sebagai sarana pemasaran

c.       biaya overhead semi-variabel.

  • Biaya air dan listrik & telp

4 TAHAP CARA MENGHITUNG COST OF GOOD SOLD (COGS)

1.      MENGHITUNG BAHAN BAKU YANG DIGUNAKAN

Cara menentukannya adalah dengan melihat berapa banyak bahan baku yang tersisa di akhir periode setelah pada saldo awal periode ditambah dengan pembelian selama periode berlangsung.

BAHAN BAKU (BB) TERPAKAI = SALDO BB AWAL + PEMBELIAN BB – SALDO AKHIR BB

CONTOH STUDI KASUS PADA SALAH SATU PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEPEDA MOTOR:
  • PERUSAHAAN MEMILIKI 10 UNIT MESIN DI AWAL PERIODE, LALU SELAMA PERIODE MEMBELI 20 MESIN LAGI, DAN DI AKHIR PERIODE SISA MESIN ADALAH 10. MAKA MESIN YANG TERPAKAI ADALAH 10 MESIN (PERSEDIAAN AWAL 10 MESIN + SELAMA PERIODE MEMBELI 20 MESIN – 10 MESIN AKHIR PERIODE = 10 MESIN TERPAKAI). HARGA MESIN ADALAH RP 5JUTA PER UNIT.
  • PERUSAHAAN MEMILIKI 2 TON BESI DI AWAL PERIODE, SELAMA PERIODE MEMBELI 4 TON BESI, DAN DIAKHIR PERIODE TERSISANYA HANYA 2 TON. MAKA BESI TERPAKAI ADALAH SEBANYAK 4 TON (SALDO AWAL 2 TON + PEMBELIAN 4 TON – SALDO AKHIR 2 TON = 4 TON PEMAKAIAN) HARGA BESI ADALAH RP 1JUTA/TON.
  • BAN AWALNYA PERUSAHAAN MEMILIKI 10 UNIT, SELAMA PERIODE BERJALAN PERUSAHAAN HANYA MEMBELI 5 BAN, PADA AKHIR PERIODE HANYA TERSISA 5. MAKA PEMAKAIAN BAN PADA PERIODE TERSEBUT ADALAH 10 BAN (AWAL 10 BAN + PEMBELIAN 5 BAN – SALDO AKHIR 5 BAN = 10 BAN DIPAKAI) HARGA MASING-MASING BAN ADALAH RP 30.000.

Bila kita anggap bahan baku untuk sepeda motor adalah 3 item di atas, maka bahan baku terpakai untuk mobil adalah:

total bahan baku.png

Maka jurnalnya :

jurnal.png

2.      MENGHITUNG BIAYA PRODUKSI LAINNYA (OVERHEAD)

Kita anggap bahwa selama periode tersebut, perusahaan mengeluarkan biaya sebesar Rp 20jt untuk seluruh pegawai dan biaya overhead lain Rp5 juta, maka jurnalnya :

jurnal 2.png

3.      MENGHITUNG COST OF GOOD SOLD (COGS)

total biaya produksi.png

4.      MENGHITUNG COST OF GOOD SOLD (COGS)

Setelah mengetahui total biaya produksi dan jumlah barang yang diproduksi dalam periode tersebut, maka dapat diketahui berapa Harga pokok produksi untuk per unit barang

Rp 82.000.000 : 10 = Rp 8.200.000

Setelah 10 unit sepeda motor tersebut sudah berhasil menjadi produk siap jual, Perusahaan menjurnal 10 unit sepeda motor menjadi barang jadi, tidak lagi sebagai barang dalam proses. Jurnal yang dibuat adalah;

barang jadi.png

KESIMPULAN

Itulah pembahasan mengenai COGS atau harga pokok penjualan atau (HPP). Setiap bisnis perlu melacak dan memahami harga pokok penjualan.

Sekalipun perusahaan Anda menawarkan jasa dan bukan barang karena memiliki biaya jasa yang perlu dihitung. COGS adalah rasio signifikan yang dipertimbangkan oleh pemberi pinjaman untuk mengetahui tentang kesehatan keuangan suatu bisnis.Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai COGS atau harga pokok penjualan atau (HPP). Setiap bisnis perlu melacak dan memahami harga pokok penjualan.

Sekalipun perusahaan Anda menawarkan jasa dan bukan barang karena memiliki biaya jasa yang perlu dihitung. COGS adalah rasio signifikan yang dipertimbangkan oleh pemberi pinjaman untuk mengetahui tentang kesehatan keuangan suatu bisnis.

Recent Post